PROPOSAL PERPUSTAKAAN DESA

A. Latar Belakang
Generasi muda adalah generasi yang penuh dengan potensi dan daya kreasi untuk dikembangkan baik mental, intelektual dan spiritual. Selain itu, di tangan para generasi muda inilah estafet kepemimpinan akan diteruskan nantinya. Di masa depan, para generasi muda yang diharapkan mampu meneruskan perjuangan hidup dan mencapai kesuksesan untuk dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, bahkan bagi bangsa dan negara. Mengacu pada pandangan tersebut, maka dibutuhkan generasi muda yang berwawasan luas, berkompeten, berani, dan penuh dengan ide segar demi pembaharuan yang lebih baik.


Dalam era globalisasi dan persaingan bebas ini, para generasi muda mendapatkan tantangan yang berbeda jika dibandingkan dengan generasi muda pada era jauh sebelumnya. Pada saat ini teknologi berkembang pesat, informasi tersebar luas dan sangat mudah didapatkan, life style atau gaya hidup yang semakin bebas, dan tentu saja persaingan yang sangat ketat dalam berbagai bidang. Tak dapat dipungkuri semua ini dapat berdampak baik atau buruk bagi para generasi muda. Kemampuan untuk menyaring dan memilih informasi secara tepat dan bertanggungjawab sangat dibutuhkan demi pertumuhan generasi muda yang positif.

Masa kanak-kanak dan masa muda adalah masa yang paling tepat untuk mengasah kemampuan serta pembentukan karakter kepribadian seseorang. Pendidikan pelajaran ataupun ketrampilan yang baik, pembimbingan yang kontinyu, serta tersedianya fasilitas penunjang pendidikan sangat dibutuhkan demi membantu tercapainya kemampuan anak secara optimal. Wawasan luas juga menjadi salah satu hal yang diharapkan dari adanya faktor-faktor penunjang tersebut. Anak nantinya akan menjadi tumbuh menjadi seseorang yang mempunyai kompetensi di bidangnya dan berwawasan luas. Kedua hal tersebut menjadi sebagian bekal seseorang untuk menjadi mampu bersaing dalam era globalisasi ini.
Pada zaman global sekarang, pendidikan merupakan sesuatu yang penting. Karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar bisa menjawab tantangan kehidupan. Untuk memperoleh pendidikan, banyak cara yang dapat kita capai. Diantaranya melalui perpustakaan. Karena di perpustakaan berbagai sumber informasi bisa kita peroleh, selain itu banyak juga manfaat lain yang dapat kita peroleh melalui perpustakaan.

Desa Peniwen Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang adalah sebuah desa yang termasuk jauh dari segala fasilitas penunjang pendidikan seperti perpustakaan. Letaknya yang cukup jauh dari pusat kota sangat mempengaruhi akses masyarakatnya pada kebutuhan akan buku. Anggota masyarakatnya kebanyakan juga masih menjalani pendidikan mulai dari yang masih taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Mengingat masa-masa mencari ilmu berkaitan erat dengan buku, maka kami Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan (SP3) yang ada di Desa Peniwen menggagas pendirian sebuah perpustakaan desa sebagai salah satu sarana penunjang untuk memenuhi kebutuhan buku bagi masyarakatnya yang masih bersekolah ataupun kuliah.

Buku atau literatur lain merupakan sumber ilmu yang sangat potensial bagi berkembangnya wawasan masyarakat Desa. Selain itu, adanya perpustakaan ini diharapkan dapat menjadi salah satu jalan untuk mencapai sumber daya manusia yang berkualitas di masa mendatang.

B. Perpustakaan Desa
Perpustakaan ini merupakan gagasan dari Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan (SP3) yang ada di desa Peniwen Kecamatan Kromengan. Hingga sekarang, perpustakaan desa ini baru menjadi sebuah wacana. Usaha untuk merealisasikannya, kami wujudkan dalam proposal ini.
Berkenaan dengan hal tersebut melalui proposal ini kami mohon bantuan kepada Bapak/Ibu, untuk dapat kiranya berpartisipasi dalam pengembangan fasilitas pendidikan yang kami dirikan berupa perpustakaan desa di Desa Peniwen Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang Jawa Timur dengan cara pemberian buku-buku, majalah dan sejenisnya.

C. Tujuan
Pendirian perpustakaan desa ini bertujuan :
1.Mengembangkan kreativitas anak-anak dan pemuda pemudi untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang mandiri dan unggul.
2.Membangun minat baca pada anak, remaja, dan masyarakat desa pada khususnya khususnya,
3.Mengoptimalkan sumber daya lingkungan secara berdaya guna dan berhasil guna seiring dengan berkembangnya IPTEK
4.Perbaikan dan pengembangan diri.
5.Pembelajaran tentang tanggung jawab dan manajemen kerja untuk para remaja

D. Sasaran Kegiatan
Pada dasarnya pengadaan perpustakaan ini memiliki target sasaran seluruh masyarakat Desa Peniwen. Baik Petani, pedagang dsb, terutama bagi anak-anak usia sekolah (TK dan SD), remaja (SMP, SMA, Perguruan Tinggi), sera para orangtua.

E. Pelaksana Kegiatan
Adapun pelaksana dari perpustakaan desa ini pada awalnya akan dilaksanakan oleh Sarjana Penggerak Pembangunan Perdesaan (SP-3) yang bertugas di Desa Peniwen Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Apabila sudah berkembang dan tertata baik akan dilimpahkan ke Pemerintah Desa setempat dan para pemuda di Karang Taruna.

G. Penutup
Perpustakaan desa sebagai salah satu media pengembangan ilmu pengetahuan yang menjadi wadah aktivitas dan kreativitas anak dan remaja, sehingga mampu meningkatkan minat anak dan remaja dalam hal membaca dan pengembangkan diri. Maka dengan ini kami mengharapkan dukungan dan partisipasinya agar perpustakaan ini mampu memberikan sesuatu yang berguna untuk kita semua. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.



5 komentar: