Sunday

PRINSIP-PRINSIP DALAM SEBUAH MOTIVASI



Motivasi yang berhasil tergantung pada prinsip-prinsip yang diterapkan oleh seorang pimpinan terhadap bawahannya untuk mencapai tujuan dan sasaran yang akan dikehendakinya. Maka untuk jelasnya berikut ini penulis akan mengemukakakn tentang prinsip-prinsip yang dapat menunjang dalam proses memotivasi antara pimpinan terhadap bawahannya yang
dikutip dari pendapat Mangkunegara (2011:100) sebagai berikut:
1.      Prinsip partisipasi
2.      Prinsip komunikasi
3.      Prinsip mengakui andil bawahan
4.      Prinsip peendelegasian wewenang
5.      Prinsip memberi perhatian
prinsip partisipasi yang dilakukan anak muda dalam suatu kegiatan
Prinsip-prinsip tersebut untuk lebih jelasnya akan peneliti uraikan secara terperinci sebagai berikut:
1.      Prinsip partisipasi
Motivasi untuk mencapai hasil-hasil akan bertambah, jika kepada para bawahan diberikan kesempatan untuk ikut serta berpartisipasi dalam keputusan-keputusan yang mempengaruhi hasil itu. Jika para bawahan diberikan kesempatan untuk memberikan ide-ide, rekomendasi-rekomendasi, maka akan merasa ikut bertanggung jawab atas tercapainya tujuan tersebut. Dengan demikian kegairahan kerja dapat ditingkatkan.
2.      Prinsip Komunikasi
Motivasi untuk mencapai hasil-hasil cenderung meningkat jika bawahan diberi tahu tentang soal-soal yang mempengaruhi hasil-hasil itu, pada dasarnya semakin banyak orang mengetahui suatu soal, semakin banyak pula minat dan perhatiannya terhadap hal tersebut.
3.      Prinsip Mengetahui Andil Bawahan
Motivasi untuk mencapai hasil-hasil cenderung meningkat, jika kepada bawahan diberikan pengakuan atas sumbangan terhadap hasil-hasil yang dicapai. Bawahan akan bekerja keras dan rajin bila mereka terus menerus mendapat pengakuan dan kepuasan dari usaha-usahanya.
 4.      Prinsip Pendelagasian Wewenang
Motivasi untuk mencapai hasil-hasil akan bertambah kalau bawahan diberikan wewenang untuk mengambil keputusan-keputusan yang mempengaruhi hasil-hasil itu. Pimpinan yang cakap adalah seorang yang mendelegasikan sebanyak mungkin wewenang dan menghindari pengandalian yang diteliti atau terperinci.
5.      Prinsip Memberi Perhatian
Para bawahan biasanya akan dapat dimotivasikan untuk mencapai hasil-hasil yang kita inginkan, sejauh kita menaruh minat terhaap hasil-hasil yang mereka inginkan. Prinsip ini menyatakan bahwa kita akan hanya memperoleh sedikit motivasi bila selalu ditekankan betapa pentingnya bagi orang-orang lain untuk mencapai tujuan-tujuan kita, tujuan-tujuan dari suatu bagian atau seluruh perusahaan.