Thursday

KAJIAN PUSTAKA GENERASI MUDA


        Dalam kosakata Bahasa Indonesia, generasi muda dikenal dengan sebutan pemuda dan kaum muda. Istilah-istilah tersebut memiliki definisi yang beragam. Generasi muda didiskripsikan sebagai kelompok, golongan atau kaum muda. Sedangkan pemuda sendiri diartikan sebagai orang yang masih muda atau remaja (www.kamusbesar.com).

       Kansil (2006 : 65) mendefinisikan generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani pembangunan. Ibarat mata rantai yang berurai panjang, posisi generasi muda dalam masyarakat menempati mata rantai yang paling sentra, berfungsi sebagai penerus cita-cita bangsa dan berpotensi mengisi serta membina kemerdekaan. Masa muda pada umumnya dapat dipandang sebagai suatu tahap dalam pembentukan kepribadian manusia dalam proses mencari jati diri.

          Pemuda adalah individu yang secara fisik sedang mengalami pertumbuhan jasmani dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional. Dengan begitu pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa mendatang (www.fikarlom.blogspot.com).
      Secara teknis, definisi pemuda/generasi muda selalu dikaitkan dengan usia/umur. Batasan pemuda/generasi muda berdasarkan usia cenderung memiliki keragamaan. World Health Organization (WHO) mendefinisikan pemuda sebagai seseorang yang berusia antara 10 sampai 24 tahun. Sementara menurut UU Kepemudaan, yang dimaksud dengan pemuda adalah mereka yang berusia antara 18 hingga 35 tahun. International Youth Year yang diselenggarakan tahun 1985 mendefinisikan pemuda sebagai kelompok penduduk yang berusia 15-24 tahun.
       Dilihat dari ideologis politis, maka generasi muda adalah calon pengganti dari generasi terdahulu, dalam hal ini berumur antara 18-30 tahun, dan kadang-kadang sampai umur 40 tahun (Hasibun, 2008: 4). Jika menilik dari segi usia tersebut, maka pemuda merupakan masa perkembangan secara kecara biologis dan psikologis yang memiliki aspirasi yang berbeda sehingga memiliki semangat pembaharu dan progresif. Pemuda adalah individu dengan karakter dinamis, optimis dan bergejolak namun belum memiliki pengendalian emosi yang stabil (www.tulisansegar.blogspot.com).
       Pemuda atau generasi muda merupakan sebuah konsep yang selalu dikaitkan dengan masalah “Nilai” hal ini merupakan pengertian ideologis dan cultural dari pada pengertian ilmiah, misalnya “pemuda harapan bangsa” atau “pemuda pemilik masa depan”. Posisi generasi muda dalam masyarakat adalah sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa, sehingga masa depan suatu bangsa ini terletak pada generasi mudanya sebab merekalah yang nantinya menggantikan generasi sebelumnya dalam memimpin bangsa (Hasibun, 2008: 14). 
             Dari pengertian-pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa generasi muda adalah individu yang secara fisik sedang mengalami pertumbuhan jasmani dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional. Mereka mempunyai jiwa, semangat, dan ide yang masih segar dan diharapkan menjadi tumpuan dalam pesatnya perkembangan teknologi dan informasi dalam era globalisasi.


Nb : jangan lupa tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini kedepan, bagikan jika bermanfaat bagi anda dan orang-orang disekitar