Wednesday

PEMANFAATAN TANAMAN SEBAGAI OBAT ALAMI

           Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki kekayaan yang berlimpah. Negara Indonesia tak hanya terkenal dengan kekayaan seni dan budayanya, namun juga memiliki begitu banyak keanekaragaman habitat, flora dan fauna. Keanekaragaman ini membuat Indonesia memiliki banyak keanekaragaman hayati yang memiliki sejuta manfaat, baik sebagai bahan pangan, bahan sandang, bahan bernilai ekonomis dan bahan-bahan lainnya. 
        Keanekaragaman hayati di Indonesia yang berupa tumbuhan dapat digunakan sebagai
bahan untuk menyegarkan badan bahkan ampuh mengobati berbagai penyakit, baik berat maupun ringan. Sebagai negara agraris, negara kita dianugerahi beragam tanaman-tanaman obat yang berkhasiat. Tanaman-tanaman tersebut diterapkan sebagai bahan baku industri obat modern dan juga sebagai obat-obatan tradisional. Keanekaragaman tanaman obat tradisional lebih sering dikenal dengan tanaman herbal. 
       Tanaman herbal adalah tanaman obat-obatan yang berkhasiat dalam penyembuhan atau pencegahan segala macam penyakit. Bagian dari tanaman tersebut yang dapat dimanfaatkan sebagai obat dapat berupa daun, batang, buah, biji maupun akar. Selama ini banyak yang berasumsi bahwa tanaman obat itu identik dengan tanaman rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temu, jinten dan lain sebagainya. Namun ternyata semua jenis tanaman baik itu tanaman hias/bunga, tanaman sayuran, tanaman buah dan jenis tanaman-tanaman lainnya bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit dan dapat di kategeorikan sebagai tanaman herbal.
Aneka jenis tanaman di dalam pot
      Tanaman hias beraneka rupa seperti tanaman bunga mawar, melati, bugenfil, kamboja, dahlia dan masih banyak yang lain, sering kali digunakan untuk memperindah lingkungan tempat tinggal. Selain faktor artistik dan ekologis, siapa sangka ternyata tanaman-tanaman tersebut juga bisa berkhasiat menjadi obat berbagai penyakit. Tanaman tersebut selain berfungsi sebagai tanaman hias, dapat pula dipakai sebagai obat herbal. Tanaman jenis ini ada yang ditanam dalam pot, ada pula yang sengaja ditanam sebagai pagar hias di pekarangan namun tak sedikit juga yang tumbuh liar. Manfaat masing-masing tanaman hias tersebut tentunya tidak sama, karena kandungan yang terkandung di dalamnya juga berbeda-beda. Dengan kandungan yang berbeda-beda nantinya dapat dibuat ramuan obat yang berasal dari satu tanaman atau dari campuran beberapa tanaman. 
          Tanaman buah seperti : pisang, jambu, jeruk, mangga, pepaya dan lain-lain ternyata juga bisa mengobati berbagai penyakit asal bisa tahu kandungan dan khasiat serta cara meramunya. Begitu juga dengan tanaman sayur seperti kangkung, bayam, seledri, tomat dan sebagainya bisa juga dijadikan obat bagi berbagai penyakit. Tidak dapat dipungkiri juga tanaman rempah-rempah khas Indonesia seperti jahe, kunyit, temu, kapulaga, kemiri dan lain-lain yang dari dulu juga sudah dipercaya dan digunakan sebagai tanaman obat herbal dengan metode ramuan tradisional.