Tuesday

KINERJA OTAK KANAN PADA ANAK



Secara umum, otak kita terdiri dari dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri. Dominasi dari masing-masing belahan otak ini tentu saja akan menghasilkan karakter dan ciri-ciri berbeda. Sebagai contoh anak yang lebih dominan otak kanannya akan lebih kreatif daripada anak yang dominan otak kirinya. Namun bukan berarti anak yang dominan otak kirinya harus tersingkirkan, mereka ini masih punya kelebihan masing-masing yang dibanggakan
Banyak orang tua memberikan berbagai pendidikan formal untuk
meningkatkan kemampuan otak kanan anak-anak mereka. Sebab banyak yang beranggapan dengan kemampuan otak kanan yang menonjol, seorang anak bisa tumbuh menjadi anak yang kratif, memiliki daya seni dan visual yang tinggi dan juga mempunyai kematangan emosional yang baik. 


Namun tidak disadari dalam beberapa kondisi dalam pembelajaran formal, sering kali kinerja otak kanan tidak optimal dan didominasi oleh otak kiri. Sebelum menyalahkan situasi atau orang lain terkait dengan kondisi yang demikian ada baiknya mengetahui terlebih dahulu cara kerja dari otak kanan berikut ini.
  • Kreatif, dominasi otak kanan akan membuat anak memiliki keingintahuan yang besar terhadap hal-hal baru yang sifatnya konvensional.  
  • Spontan, dominasi otak kanan akan membuat seseorang anak melakukan sesuatu secara spontan karena dorongan emosional. Segala sesuatu yang ia lakukan sering kali terjadi karena sebuah inspirasi yang muncul secara tiba-tiba. 
  •  Estetika. Hal ini membuat seorang anak menilai sesuatu berdasarkan cita rasa seninya. 
  •  Acak, anak yang lebih dominan otak kanannya cenderung mengumpulkan informasi secara acak sehingga ketika disampaikan kepada orang lain cenderung tidak sistematis. 
  •  Memori fotografi. Cara kerja ini membuat anak lebih mudah mengingat informasi yang disajikan dalam bentuk gambar, baik gambar yang bergerak maupun gambar yang diam. 
  • Visual. Seorang anak yang memiliki otak kanan yang lebih dominan cenderung menyukai sesuatu yang berhubungan dengan gambar. Oleh sebab itu ia akan lebih suka menuangkan segala sesuatu yang ada dalam pikirannya dalam bentuk gambar. 
Itulah cara kinerja otak kanan yang mungkin perlu anda tahu. Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya.......  bagiakn juga kalo anggap info ini bermanfaat bagi anda dan orang-orang sekitar anda.