Wednesday

PENGERTIAN SEDERHANA PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF

Bagi para mahasiswa atau pelajar yang sedang mengerjakan tugas akhir, tiada terlepas namanya dengan kata penelitian. Penelitian sendiri menurut pendapat para ahli  adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari, mencatat, merumuskan, dan menganalisis suatu objek tertentu yang didalamnya juga terdapat unsur penyusunan laporan sesuai kegiatan yang dilakukan.

Pada sebuah penelitian didalamnya tidak terlepas dengan namanya “Metode” karena untuk mendapatkan sebuah hasil yang benar dan akurat sebuah penelitian  harus menggunakan metode yang sesuai dengan kajian yang diteliti sehingga didapat hasil yang maksimal. Metode sendiri dapat diartikan sebagai cara ilmiah yang sistematik dan sesuai prosedur yang harus ditempuh dalam menjalankan sebuah penelitian. Dalam bahasa sederhana metode adalah cara baku dalam melakukan sebuah penelitian. 


Dalam melakukan penelitian baik itu dalam penelitian ilmiah, penelitian studi kasus, penelitian dokumentasi, ataupun penelitian langsung., ada dua metode yang umum dilakukan. Metode penelitian tersebut yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Banyak orang yang masih bingung dan tidak paham dengan pengertian kedua metode penelitian tersebut, kali ini blog munasyaroh.blogspot.com akan sedikit mengulas tentang perbedaan dari kedua metode penelitian tersebut.
Penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang dinyatakan dalam bentuk kalimat atau uraian, data ini tidak dapat diukur dan dianalisis secara langsung dengan tehnik statistik, tetapi harus diolah dulu menjadi kata-kata yang dapat dicerna. Sedangkan penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik.
Ada berbagai teori dari para ahli mengenai pengertian metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dan itu kadang membuat bingung mereka yang masih pemula karena bahasanya yang agak belibet dan susah dicerna. Padahal makna sebenarnya sangat sederhana, pada penelitian kuantitatif menggunakan rumus-rumus tertentu dan hasilnya adalah berupa angka-angka, sedangkan penelitian kualitatif menggunakan teori-teori dari para ahli sebelumnya yang kemudian dibandingkan dengan kenyataan yang diteliti dan hasilnya berupa kata-kata penafsiran dari peneliti.
 Diantara kedua penelitian tersebut, tentu saja penelitian kualitatif lebih mudah dilakukan karena tidak perlu menghitung rumus-rumus dan data lapangan, namun penelitian kualitatif sangat mudah terbantahkan karena persepsi orang memang berbeda-beda. Penelitian Kuantitatif memang sulit namun hasil yang didapat tidak akan terbantahkan karena sesuai hasil yang sebenarnya. Dapat dikatakan penelitian kualitatif mudah di dalam proses pembuatan namun susah saat ujian/pelaporan, sedangkan penelitian kuantitatif sulit saat proses pembuatan tapi ringan saat ujian/pelaporan.
Demikianlah penjelasan sederhana tentang penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya.