Alasan Palestina Tidak Ada di Google Maps


Mengapa Google Tidak Mencantumkan Palestina Dalam Google Maps, Berikut penjelasannya

Pada akhir bulan juli tahun 2016, ada sebuah fenomena global yang agak menyesakkan dada. Otoritas Google telah menghapus negara Palestina dari layanan peta digital yang dipunyainya yang umum disebut dengan Google Maps. Saat kita mencari nama Palestina di Aplikasi Google Maps Android, kita sekarang tidak akan bisa  menemukannya.

Tidak adanya nama Negara Palestina dalam Google Maps memang tidak begitu berpengaruh bagi rakyat Palestina, namun penghapusan nama ini menimbulkan banyak gelombang protes dari pengguna sosial media. Banyak yang mengira, Google sengaja menghapus nama Palestina sebagai dukungan terhadap negara Israel.

Benarkah demikian ? mengapa Google tidak mencantumkan nama Palestina dalam Google Mapsnya?  Berikut penjelasan dari pihak Google yang dikutip dari berbagai sumber.

Palestina belum masuk sebagai anggota PBB
Masalah tidak adanya nama negara Palestina di Google Maps, berkaitan erat dengan politik internasional.  Dalam membuat peta Online Google Maps, pihak Google mengacu pada keanggotaan yang tercatat dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sudah umum di ketahui status negara Palestina dalam keanggotaan PBB adalah masih observer, belum menjadi anggota penuh, sehingga Google juga tidak berani mencantumkannya.
Pihak Google memberi alasan dengan menautkan penjelasan dari situs Wikipedia. Yang mana dalam Wikipedia disebutkan bahwa 'Palestina' adalah " negara yang kemerdekaannya telah diakui negara-negara lain".  Ini adalah Sebuah istilah yang digunakan oleh  PBB pada tahun 2013.

Penyebutan Tepi Barat dan Jalur Gaza untuk Palestina
Walaupun pada kenyataan sebenarnya, negara Palestina itu ada dan nyata, namun pihak Google sendiri tidak terang-terangan mengakuinya. Meski tidak ada penyebutan nama untuk Negara Palestina di Google Maps, namun untuk menandai wilayah ini pihak Google memberi label nama 'Tepi Barat' dan 'Jalur Gaza."  Jika anda mencoba melakukan pencarian terhadap Palestina pada aplikasi peta online Google Maps, anda akan ditunjukkan sebuah wilayah dengan garis putus-putus berlabel Tepi Barat dan Gaza.

Gelombang protes dari seluruh penjuru dunia mengenai tidak adanya negara Palestina di Google Maps, membuat Google berjanji untuk segera memperbaikinya. Google sendiri mendefinisikan kota di dua wilayah antara Tepi Barat dan Gaza tersebut sebagai bagian dari Palestina.


1 komentar: