Monday

KUDETA PALING HEBOH SEPANJANG SEJARAH DUNIA


Sepanjang sejarah dunia, ada beberapa kudeta yang paling terkenal dan membikin heboh karena melibatkan banyak orang dan negara. Yang dimaksud kudeta adalah aksi beberapa orang atau kelompok orang yang ingin menggulingkan pemerintahan yang berkuasa.




Kudeta terjadi karena berbagai alasan yang bermacam-macam. Alasan umum terjadinya kudeta adalah karena pemerintah yang sedang berjalan dianggap melakukan tindakan yang sewenang-wenang terhadap rakyat. Alasan lainnya karena personel/lembaga pemerintahan yang berkuasa terlibat dalam suatu skandal yang merugikan rakyat.

Berikut beberapa kudeta yang paling heboh sepanjang sejarah dunia,

1.  Kudeta Chekoslovakia

Kudeta di Chekoslovakia terjadi tahun 1948. Kudeta ini disebabkan karena ketidaksukaan rakyat Chekoslovakia terhadap pemerintahan yang berkuasa saat itu. Pemerintahan tersebut dianggap sangat diktator dan merugikan rakyat. Pemimpin yang lalim dan diktator dimana-mana memang tidak akan pernah disukai oleh rakyatnya. Begitu juga yang terjadi di Chekoslovakia.

Selama hampir 4 dekade, rakyat Chekoslovakia hidup di bawah kediktatoran pemerintahannya yang komunis. Hal ini kemudian memunculkan kelompok anti komunis yang bangkit berjuang memerangi pemerintahan. Pihak pemerintahan sendiri kemudian meminta bantuan Uni Soviet untuk mempertahankan pemerintahan komunis agar tidak runtuh. Pada akhirnya kudeta ini mengalami kegagalan.

2. Kudeta di Kuba

Kudeta ini terjadi di tahun 1953 dan dilakukan oleh kelompok yang mengatasnamakan 26th of July Movement yang dibantu oleh beberapa kelompok revolusioner lain. Alasan dilakukan kudeta ini adalah karena rakyat Kuba sudah tidak tahan dengan kepemimpinan "Fulgencio" Pemimpin Kuba yang dianggap diktator.

Kudeta Kuba tahun 1953 adalah kudeta paling berpengaruh dalam sejarah pemerintahan Kuba. Kudeta ini juga hampir saja membuat terjadinya perang antara Uni Sovyet dan USA. Hal itu disebabkan karena Uni Sovyet menganggap pihak Amerika Serikatlah yang mendukung terjadinya kudeta.

3. Kudeta Venezuela

Kudeta di Venezuela terjadi di tahun 1992.  Meskipun pada akhirnya kudeta ini mengalami kegagalan, tapi kudeta di Venezuela ini tidak bisa dilupakan begitu saja oleh Masyarakat dunia. Kudeta Venezuela membuat heboh karena dilakukan sebanyak 2 kali. Tapi sayangnya keduanya gagal mencapai tujuan. Kudeta pertama terjadi pada bulan Februari 1992 dan dipimpin oleh Hugo Chavez. Sedang kudeta kedua terjadi pada 27 November 1992. Kedua kudeta ini dilakukan untuk menjatuhkan presiden Venezuela Carlos Andres Perez.

4. Kudeta Ukraina

Pada bulan November 2004 sampai dengan Januari 2005, di Ukraina terdapat sejumlah gelombang aksi protes yang berkenaan dengan politik. Penyebab utamanya adalah presiden yang terpilih kala itu dianggap terlibat dalam skandal korupsi yang sangat berat. Untuk menolak pemimpin yang terlibat kasus korupsi, muncullah kelompok yang mengatasnamakan gerakan Revolusi Orange.
Gerakan Revolusi Orange adalah aksi yang dilakukan oleh rakyat Ukraina yang menolak pemerintahan korup dengan melakukan demonstrasi di beberapa tempat penting. Karena gelombang aksi unjuk rasa yang cukup sering dan berskala besar, akhirnya diadakan pemilihan ulang untuk memilih calon presiden yang baru. Sehingga kudeta ini dianggap berhasil.

Itulah beberapa kudeta yang paling berpengaruh di dunia. Meskipun pada akhirnya banyak yang mengalami kegagalan, namun peristiwa kudeta tersebut telah tercatat dalam sejarah dunia.