EKSPERIMEN PALING MENAKUTKAN SEPANJANG SEJARAH



Berikut ini ada beberapa eksperimen yang paling menakutkan sepanjang sejarah, seperti yang dikutip dari Live Science :

1. Eksperimen Anjing Zombie

Tahun 1940-an, kelompok ilmuwan dari Rusia pernah menunjukkan video beberapa anjing yang walaupun kepalanya putus, namun tetap bisa hidup hingga beberapa jam. Para ilmuwan itu mengklaim bahwa kepala anjing yang putus itu masih bisa menggerakkan telinganya saat diperdengarkan suara dan juga bisa menjilati bibirnya. Ilmuwan dari Rusia itu menyatakan kalau mereka bisa menghidupkan anjing yang tidak utuh itu dengan cara membuat sistem sirkulasi darah buatan.

Sementara Ilmuwan dari Amerika Serikat pada tahun 2005 mengklaim bisa menciptakan anjing zombie. Para Ilmuwan Amerika itu membunuh beberapa anjing dengan cara menyedot darah dalam tubuh anjing dan menggantinya dengan campuran oksigen dan larutan saline yang mengandung gula. Selang tiga jam kemudian, para ilmuwan mentransfusikan darah ke tubuh anjing-anjing tersebut, disertai dengan sengatan listrik. Hasilnya Anjing-anjing yang mati itu hidup kembali, walaupun beberapa di antaranya ada yang mengalami kerusakan secara permanen dan tak dapat dihidupkan lagi. Benar-benar eksperimen yang menakutkan.

2. Eksperimen Pengontrol pikiran

Tahun 1950-an, Organisasi rahasia CIA membuat sebuah program bernama MKULTRA. Tujuan dari program ini adalah mencari obat dan cara terbaik yang bisa digunakan untuk mengontrol pikiran manusia. Selama hampir dua dekade, CIA telah melakukan lebih dari 149 eksperimen dalam program MKULTRA. CIA menggunakan halusinasi, kondisi kurang tidur ekstrem, dan alat kejut listrik sebagai eksperimen dalam pencucian otak manusia. Salah satu yang dilakukan CIA adalah menawarkan heroin pada pecandu agar mereka bisa berhalusinasi, sehingga otaknya bisa dipengaruhi.

3. Eksperimen Perawat  mematikan

Pada tahun 1963, seorang psikiater bernama Charles Hofling membuat sebuah eksperimen abnormal yang ingin membuktikan suatu teori bahwa ketaatan pada orang lain mempengaruhi keputusan seseorang. Dalam makalahnya yang ditulis tahun 1966, Hofling menjabarkan sebuah protokoler bagian dari eksperimennya yang menakutkan.

Dalam makalahnya Hofling menyatakan bahwa ada seorang dokter yang meminta perawat yang dinas malam untuk menambah obat bagi pasien 2x lipat dari dosis yang disarankan, melalui telepon tanpa datang langsung. Para perawat tidak menyadari bahwa "obat" yang diberikan itu adalah obat yang tidak memberikan manfaat apa-apa terhadap pasien, sementara dokter yang menelpon adalah dokter palsu. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa 21 dari 22 perawat yang ditelfon segera mematuhi perintah itu, walaupun sebenarnya mereka tahu bahwa obat-obat itu bisa membahayakan pasien.  Eksperimen ini menyimpulkan bahwa aura dari sebuah otoritas dapat mempengaruhi keputusan pribadi seseorang.

4. Eksperimen Bomber kelelawar

Saat Perang Dunia II, Angkatan Laut AS pernah membuat hewan kelelawar sebagai bomber kamikaze melawan tentara Jepang. Otak utama dari eksperimen ini dalah Lytle Adams, seorang dokter gigi yang berasal dari Pennsylvania. Pada tahun 1942, Adam mengunjungi gua kelelawar di Carlsbad Caverns, New Mexico dan menemukan ide tersebut.

Eksperimen bomber kelelawar dilakukan dengan menciptakan bom kecil serta  memanfaatkan sensor alami dari kelelawar yang suka bersarang di gua dan loteng. Kelelawar dipasangi bom di tubuhnya dan diharapkan terbang dan bersarang di bangunan dalam kota di negara Jepang. Bangunan dari negara matahari Terbit itu sebagian besar terbuat dari kayu sehingga akan sangat mudah meledakkannya.
Pasukan AS kemudian menangkap ribuan kelelawar di Meksiko dan memasangkan alat peledak  di punggung hewan itu. Akan tetapi sebelum sempat meledakkannya di Jepang, eksperimen ini dibatalkan pada tahun 1943.


Demikianlah eksperimen-eksperimen paling menakutkan yang pernah terjadi di dunia. Semoga tidak pernah terulang lagi dan kita tidak menjadi salah satu korbanyya. 

0 komentar: