Wednesday

MENU DIET KHUSUS UNTUK YANG BERGOLONGAN DARAH O


Orang yang mempunyai golongan darah O termasuk orang yang istimewa dibandingkan dengan orang yang mempunyai golongan darah lain. Salah satu keistimewaannya adalah orang yang berdarah O ternyata mempunyai cara khusus dan unik dalam program dietnya. Hanya melalui menu makanan yang dikonsumsi, orang bergolongan darah O dapat melakukan diet khus. 

Diet yang didasarkan atas golongan darah, sekarang ini sudah cukup populer. Salah seorang dokter yang memprakarsainya adalah dokter Peter J. D’Adamo. Diet sehat ala golongan darah O ini dilakukan dengan cara memilih menu makanan secara tepat yang disesuaikan dengan golongan darahnya. 

Jika Anda adalah orang yang mempunyai golongan darah O dan ingin mencoba menu diet untuk golongan darah O, alangkah baiknya sebelum mencoba menu dan pantangan di bawah ini, konsultasi dahulu dengan dokter langganan. Karena masalah kesehatan tiap orang berbeda - beda. Bisa jadi bukan karena ada kelebihan berat badan yang bikin gemuk, namun ada penyakit lainnya. 


Menu diet sehat ala golongan darah O, terbagi dalam 2 varian yakni menu yang baik dikonsumsi dan menu yang tidak boleh atau jadi pantangan bagi golongan darah O. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

Menu Diet Utama

1. Protein Hewani

Menu makanan yang bagus salah satunya adalah daging. Namun tidak sembarang daging karena golongan darah O dapat mencerna daging dengan mudah, tapi punya masalah pada asam perut yang terlalu tinggi. Untuk program diet harus dipilah-pilah lagi menu protein yang terkandung didalam dagingnya. 
Daging sapi, daging domba, kambing, dan rusa sangat baik untuk dikonsumsi. Sementara untuk jenis ikan, yang paling baik dikonsumsi adalah ikan kod, makarel dan haring serta beberapa makanan laut lainnya.
Untuk protein dari telur dan produk susu sangat dibatasi kalau bisa tidak mengkonsumsinya. Tapi kalau mentega, mozzarella, susu kedelai, keju kambing dan feta masih diizinkan.

2. Lemak

Golongan darah O mempunyai respon yang baik terhadap minyak. Minyak zaitun dan minyak biji rami sangat bagus dikonsumsi, sementara minyak kanola dan minyak wijen juga diperbolehkan.

3. Kacang-kacangan

Untuk program diet, jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi adalah kacang kenari dan biji labu.

Larangan/Pantangan Dalam Menu Diet

1. Protein Hewani

Produk susu dan gandum tidak boleh dikonsumsi oleh orang bergolongan darah O dalam menu dietnya. Hal itu karena pemilik golongan darah O memiliki masalah hormon tiroidnya. Hormon tiroid golongan darah O tidak stabil sehingga menyebabkan masalah metabolisme yang mengakibatkan kegemukan. Jenis daging terlarang adalah daging angsa dan babi. Untuk ikan yang tidak boleh adalah salmon asap, ikan lele, gurita, kerang, acar ikan haring, dan kaviar.

2. Lemak

jenis lemak yang merupakan pantangan dan tidak boleh dimakan adalah minyak kacang, minyak jagung, minyak biji kapas, dan minyak bunga matahari.

3. Kacang-kacangan

Kacang mete, kacang tanah, kacang pistachio, dan biji poppy. Jenis kacang-kacangan yang merah dan hijau juga dilarang.


Demikianlahmenu diet khusus bagi orang yang punya golongan darah O. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba